id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Minggu, 01 Desember 2013

5 Arsitektur Gereja Paling Terkenal di Dunia

 BASILICA ST PETER
Hai guys apa kabar? sekarang admin akan menulis postingan soal arsitektur. Karena admin penggemar gereja maka admin berusaha membuat postingan soal gereja lagi.
Oh ya soal arsitektur jujur saja itu cita-cita gue (Arsitek) jadi meskipun admin masih SD admin sudah berusaha belajar memeras otak *emang otaknya basah?* untuk mempelajari pelajaran arsitektur  
kebetulan guys admin dilahirkan di keluarga Kristiani mangkanya admin tergila gila dengan yang namanya gereja soalnya guys selain sebagai tempat ibadah, gereja ternyata juga memiliki gaya2 bangunan yang amazing seperti : Gotik, Barok, Romanesque, dst.
ok tak perlu berpanjang lebar lagi admin mempersembahkan.........



1.Arsitektur Gotik(Gothic)
 
 Jika kalian melihat gambar diatas apa reaksi kalian mungkin gak ya ada yang berpikir bangunan ini bukan buatan manusia? Jika ada maka kalian salah bangunan ini adalah contoh gereja yang menggunakan arsitektur gotik (katedral Milan).nah kawan kawan arsitektur ini sempat menjadi tren di Asia semenjak banyak negara di Asia dijajah bangsa bangsa Eropa. Ya begitulah guys arsitektur ini dilahirkan di Eropa yaitu cathedral Saint  Denis, Paris, Perancis. Yang menjadi ciri khas arsitektur gotik antara lain: bangunan yang cenderung tinggi, memiliki menara yang kebanyakan ganjil, memiliki kaca patri yang indah,dsb.
Oleh sebab itu gereja bergaya gotik di dunia sudah tak terhitung lagi guys. jadi sudah layak dan sepantasnya admin menaruh arsitektur ini di tempat teratas di postingan ini. Berikut contoh contoh gereja berarsitektur gotik :
450px-Cathedral_of_Amiens_front
Nom du fichier : DSCN0013.JPG<br />Taille du fichier : 1.6 Mo (1632487 octets)<br />Date : 2004/03/01 16:54:01<br />Taille de l'image : 2560 x 1920 pixels<br />Résolution : 300 x 300 ppp<br />Profondeur en bits : 8 bits/canal<br />Attribut de protection : Désactivé<br />Attribut Masqué : Désactivé<br />ID de l'appareil : N/A<br />Appareil : E5000<br />Mode de qualité : FINE<br />Mode de mesure : Multizones<br />Mode d'exposition : Programme Auto<br />Speed Light : Non<br />Distance Focale : 7.1 mm<br />Vitesse d'obturation : 1/327.8 seconde<br />Ouverture : F5.6<br />Correction d'exposition : 0 IL<br />Balance des blancs : Lumière du Jour<br />Objectif : Intégré<br />Mode Synchro-Flash : N/A<br />Différence d'exposition : N/A<br />Programme Décalable : N/A<br />Sensibilité : Auto<br />Renforcement de la netteté : Auto<br />Type d'image : Couleur<br />Mode Couleur : N/A<br />Saturation : N/A<br />Contrôle Saturation : 0 Normal<br />Compensation des tons : Auto<br />Latitude (GPS) : N/A<br />Longitude (GPS) : N/A<br />Altitude (GPS) : N/ARF-Architecture-Domes-Marseilles-Cathedral-MLE026
2009_3_3_70277_8870277

2.Arsitektur Barok(Baroque)
Nah inilah guys arsitektur yang mewahh banget. Ok arsitektur ini terkenal karena segala bangunan yang mengadopsi gaya ini pasti indahnya bukan main guys. Faktor-faktor tersebut terjadi karena arsitektur ini cenderung memiliki kubah yang indah dan lukisan di langit langit  interiornya ( lukisan itu 3D!) sehingga jika kalian sempat berkunjung ke Eropa  kalian jangan heran ada malaikat terbang diatas kalian *itu ilusi guys* pernah ada temen gue yang cukup kaya, dia sempat liburan ke Eternal City (Roma) langsung pulang dari sana instagramnya penuh guys! *berlebihan*ok berikut adalah contoh2 gereja yang mengadopsi  gaya Baroque:
ST IGNAZIO


BASILICA ST PETER 

3.Arsitektur Romanesque:
 617px-Duomo_di_Pisa_Front_Facade_2009
Guys menurut admin Indonesia dan negara yang sering terkena bencana sebaiknya banyak membangun gereja berarsitektur  ini deh soalnya arsitektur romanesque lebih mengutamakan kekuatan bengunan jadi dijamin tahan banting deh! *siapa juga yang mau banting gereja*
Selain itu guys eksterior maupun interior gereja yang mengadopsi gaya ini lumayan bagus lho guys
contohnya bangunan diatas ini dan beberapa contoh dibawah. oh ya guys klo ada salah satu pembaca yang pernah mengunjungi gereja bergaya romanesque jangan kaget ya klo misalnya luarnya ada banyak jendela tapi setelah masuk eh ternyata cuma ada 1 jendela itu dinamakan blind arcade alias cuma buat hiasan eksterior. amazingnya kekuatan gereja bergaya romanesque sudah terbukti sejak lama seperti:terkena gunung meletus,gempa,angin topan,banjir, dst dan gereja itu tetap tidak hancur lho ok sekarang saatnya contoh gereja gereja bergaya roman:
St Michael Church Qingdao


450px-WormserDomNordost
450px-Tournai_JPG006
D-St.Georgsdom-Limburg

4.Arsitektur Modern:
 File:Catedral de Brasilia 01.jpg
Guys, pasti kalian sudah tak asing lagi dengan gereja bergaya modern karena masa-masa ini kan masa moderniasasi jadi manusia itu perlu berkembang dari yang jadul menuju yang baru inilah salah satu kemajuan menusia dalam bidang teknologi. Mangakanya Tuhan itu baik karena menganugerahi manusia akal budi dan dapat menciptakan sesuatu yang baru contohnya arsitektur diatas ok ini adalah fakta yang mengejutkan  karena gaya modern adalah gaya paling banyak diadopsi oleh gereja-gereja di dunia ! kelebihan -kelebihan gaya ini adalah lebih menyamankan orang yang beribadah didalamnya dengan fasilitas fasilitas yang ada ok lah admin akan memberikan beberapa contoh gereja yang mengadopsi gaya ini:
Exterior Gereja Katolik Redemptor Mundi
400px-Crystal_Cathedral_Tower
50nhatho05_clip_image005

5.Arsitektur Budaya

Gereja Katholik Graha Maria Annai Velangkani
Para pembaca sekalian pasti kaget "emang ada arsitektur budaya?" sesungguhnya sih admin ngarang sendiri namanya soalnya di Dunia gereja berarsitektur me nurut budayanya masing2 sesungguhnya lebih tua dari arsitektur yg lain. Kelebihan arsitektur ini adalah gayanya beraneka ragam menurut sukunya masing2 berikut adalah contoh2 gereja berarsitektur budaya:


Sekian postinganku kali ini guys mungkin ada yg protes  "kan ada arsitektur lain kyak byzantinum,dst" admin mencari datanya sesuai survey bangunan 2013 ^^ ok semoga Tuhan  memberkati para pembaca semua GBU! =D

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...