id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Jumat, 15 Mei 2015

5 Bangunan Bersejarah di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Hasil gambar untuk tugu pahlawan
    Kota Surabaya tidak hanya berisi bangunan-banguan modern dan gedung-gedung pencakar langit. Di kota terbesar kedua di Indonesia ini juga terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah berupa bangunan-bangunan tua yang hingga kini masih terawat dengan baik. Untuk membantu kalian dalam mencari lokasi wisata sejarah di kota Surabaya,maka pada post kali ini admin akan memberikan 5 bangunan bersejarah di Surabaya  yang wajib kalian kunjungi.


1.Tugu Pahlawan
Hasil gambar untuk tugu pahlawan
Belum lengkap rasanya ke Surabaya tanpa ke Tugu Pahlawan. Tak hanya sebuah tugu biasa, tugu berbentuk paku terbalik yang berhiaskan canarules atau badan tiang berbentuk lengkung yang berjumlah 10 dan memiliki 11 ruas ini juga merupakan bentuk semangat arek-arek Suroboyo dalam melawan sekutu. Jumlah canarules dan ruas pada tugu ini juga dimaknai sebagai tanggal 10 bulan 11 tahun 1945 atau hari pahlawan. Di kawasan tugu pahlawan juga terdapat museum 10 November serta patung kedua tokoh proklamasi Indonesia. Semuanya itu membuat landmark Kota Surabaya ini menjadi sangat sayang untuk dilewatkan.

2.Gedung Balai Pemuda
Hasil gambar untuk balai pemuda surabaya
Gedung yang terletak tak jauh dari gedung grahadi ini merupakan saksi bisu tindak rasisme di Indonesia. Pada masa kolonial Belanda gedung ini hanya untuk orang kulit putih, bahkan bangsa pribumi pada masa itu tidak boleh merasakan keindahan bangunan yang dibangun di atas tanah mereka sendiri. Namun, sekarang gedung ini menjadi pusat kegiatan kesenian dan kebudayaan di Kota Surabaya. Selain fungsinya arsitektur gedung ini  juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar.

3.Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria
Hasil gambar untuk paroki kelsapa surabaya
Gedung gereja berarsitektur gotik ini terletak tak jauh dari Monumen Tugu Pahlawan tepatnya di Jalan Kepanjen. Bangunan yang terdiri dari batu bata merah serta berhiaskan  kaca patri yang indah menjadi satu-satunya lokasi peribadatan umat Katolik di Surabaya masa itu. Gereja ini juga menjadi saksi bisu dan pelopor pertumbuhan agama katolik di Kota pahlawan ini. Warisan sejarah dan Religius yang ada di gereja ini membuat gereja ini menjadi lokasi favorit wisata sejarah maupun wisata rohani di Kota Surabaya.

4.Hotel Majapahit
Hasil gambar untuk hotel majapahit surabaya
Hotel yang berdiri semenjak tahun 1910 ini menjadi saksi bisu semangat pemuda Surabaya pasca kemerdekaan yaitu dengan merobek warna biru pada bendera Belanda dan menyisakan warna merah putih di puncak hotel ini. Kejadian heroik ini terjadi pada saat 19 September 1945 dan bangunan ini masih bernama hotel Oranje dan dirubah ke Hotel Yamato (nama pemberian Jepang). Jika kalian berada di kawasan jalan Tunjungan, jangan lupa untuk menginap atau sekedar memandang bukti perjuangan pemuda yang pernah terjadi di tempat itu. 

5.House of Sampoerna
Hasil gambar untuk house of sampoerna surabaya
Bangunan bekas panti asuhan yang dikelola Belanda yang berpindah tangan pada pendiri Sampoerna yang menjadi bangunan pabrik rokok terbaik pada masa itu. Pabrik rokok tersebut sekarang telah menjadi museum,kafe,dan galeri seni yang dibuka untuk umum sedangkan bangunan sebelah baratnya masih menjadi milik keluarga. Museum ini dapat menjadi lokasi wisata sejarah favorit di Kota Surabaya tak hanya karena barang koleksinya melainkan juga arsitektur nya yang khas.

Bonus:
-Jembatan Merah dan Pecinan
Hasil gambar untuk jembatan merah dan pecinan   Hasil gambar untuk jembatan merah dan pecinan
 Jembatan merah adalah salah satu jembatan bersejarah di kota Surabaya. jembatan ini juga berhubungan dengan kawasan pecinan kota Surabaya yang penuh dengan bangunan bersejarah serta memiliki arsitektur yag khas. Saat malam pecinan juga dapat menjadi surganya belanja bahkan berwisata kuliner di kota Surabaya ini.

     Surabaya menyimpan jutaan bukti sejarah yang masih bisa bertahan diantara bangunan modern yang lain. Sebagai warga yang baik, marilah kita menghargai dan menjaga bukti-bukti sejarah tersebut agar anak cucu kita kelak dapat melihat dan mengetahuinya pula. Sekian postingan kali ini semoga berguna dan Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...