id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Kamis, 06 Agustus 2015

Warna-Warni Misa di Paroki Redemptor Mundi, Surabaya Part 1



      Misa atau perayaan Ekaristi adalah suatu saat dimana kita dapat merasakan kehadiran Tuhan. Beruntunglah kita berada di dalam wilayah Asia yang kaya akan budaya sehingga kita tak hanya merasakan misa yang kaku dan gitu-gitu saja namun juga dihiasi dengan budaya khas yang ada di daerah masing - masing. Tak hanya itu, antara misa dari jam ke jam pun pasti ada suasana khas tersendiri, So pada hari ini, admin akan menuliskan warna-warni atau ke khasan tersendiri mulai dari misa harian, mingguan, dan misa khusus lainnya, selamat membaca!


1.Misa Harian
Misa harian di gereja ini diadakan setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 05.30 agar umat yang akan bekerja dapat menyempatkan diri bertemu dengan Tuhan melalui perayaan Ekaristi. Meskipun masih pagi dan tidak terlalu penuh, namun umat-umat sangat bersemangat dalam menjalani perayaan Ekaristi ini. Umat yang datang juga terkadang hampir memenuhi gereja (pada hari tertentu) Misa yang disertai dengan ibadat singkat ini tetap menjadi andalan bagi umat yang hendak bekerja dan ingin mengawali harinya dengan doa.

2.Misa Sabtu 18.00
Misa mingguan pertama yang diadakan gereja ini. Gereja selalu dipenuhi dengan umat meskipun kebanyakan berebutan keluar setelah misa usai (yah, maklumlah mau malam mingguan ) Misa hari sabtu tak pernah sepi ditambah lagi saat ada perayaan khusus seperti komuni pertama, Krisma, Pelantikan, dan lain sebagainya.

3.Misa Minggu 06.00
Pagi hari di hari Minggu, tentu akan sangat susah meluangkan waktu untuk misa, namun hal itu tak terjadi di gereja ini. Gereja sudah dipenuhi umat meskipun tidak sampai ke teras seperti misa minggu lainnya. Hal ini membuktikan bahwa umat sudah mulai dapat mengalahkan godaan gravitasi tempat tidur teutama di hari libur :)

4.Misa Minggu 08.00
Jam misa yang pas tidak terlalu pagi dan tidak terlalu siang membuat misa pukul delapan selalu ramai bahkan hingga keluar (teras) meskipun beberapa umat masih menguap, namun misa pukul delapan selalu semarak terutama minggu ke lima dimana akan ada banyak anak sekolah minggu yang akan mengikuti perayaan ekaristi.

5.Misa Inggris 10.00
Jam dimana beberapa mall dan pusat perbelanjaan dibuka, namun hal itu tak membuat umat tergoda untuk tidak misa pada hari minggu. Misa bahasa Inggris pada jam ini biasanya di meriahkan dengan paduan suara yang bernyanyi dengan sangat baik, dan kotbah pastor yang tak dapat diragukan lagi, tak heran banyak umat yang terpaksa memarkir kendaraannya hingga di ujung jalan.

6.Misa Minggu 16.30
Mengucap syukur pada Tuhan setelah puas bergembira di akhir minggu adalah pilihan yang baik bagai mayoritas orang. Tak heran, misa pada pukul setengah lima selalu ramai dipenuhi umat bahkan ada umat yang datang dari jam setengah empat atau jam tiga agar dapat kebagian tempat duduk.

7.Misa Inggris 18.30
Akhir hari menjelang hari pertama kerja tak heran misa bahasa inggris kedua yaitu yang berada di jam setengah tujuh malam ini jauh lebih sepi dari misa lainnya. Mungkin alasan pekerjaan dan waktunya yang dinilai terlalu malam membuat misa ini kurang ramai, namun bukan alasan bagi umat untuk misa dengan lesu dan mengantuk, uniknya misa ini adalah misa paling singkat (tergantung sih) karena itu, banyak anak muda yang memilih misa pada jam ini.

      Banyaknya pilihan jam misa yang disediakan paroki adalah tanda bahwa kita tidak memiliki alasan lagi untuk melupakan misa meskipun hari minggu sekalipun. Seberapa sibuknya kita, jika kita memiliki niat dan keahlian membagi waktu, pasti ada waktu yang bisa diluangkan bagi Tuhan satu jam saja. Sekian postingan kali ini, semoga berguna dan tuggu part 2 nya yah GBU!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...