id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Minggu, 13 April 2014

Palm Sunday: "The Glorious Day"

   
      Hello guys, tidak terasa yah, Hari Raya Paskah tidak lama lagi, dan besok kita sudah memasuki pekan suci.Telah kita ketahui bahwa awal dari Pekan Suci adalah Minggu Palma. Dan, kita juga tinggal menghitung hari untuk memasuki tri hari suci dan Paskah. Oleh sebab itu, kita juga harus sudah siap dong guys, menghadapi peristiwa paling utama dalam Gereja dan Dunia yaitu hari penebusan Yesus. Baiklah guys, untuk membantu kalian mendalami perayaan Minggu Palma, maka kali ini admin akan menulis beberapa penjelasan mengenai Minggu Palma sesuai dengan kemampuan admin,chek it out!
      Minggu Palma memiliki  beberapa keistimewaan dan ciri- ciri khusus jika dibandingkan dengan  misa hari Minggu biasa,diantaranya warna liturgi yang berwarna merah, pembacaan injil diganti dengan drama tentang penderitaan Yesus(Passio),adanya pemberkatan daun palma  tentunya ada daun palma yang menghiasi setiap misa/gereja. 
 
      Maksud dari perayaan  Minggu Palma adalah untuk mengenang peristiwa masuknya Yesus di Gerbang Kota Yerusalem menjelang wafat-Nya di kayu salib. Pada saat itu, orang-orang memuja-muja dan meninggikan Yesus, tapi pada akhirnya semua orang itu malah menyalibkan Yesus. Daun Palma itu sendiri digunakan untuk mengenang dan untuk mempermudah umat untuk membayangkan kejadian pada saat itu seperti yang tercantum pada Yohanes 12:12-15 yaitu:"Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar,bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem,mereka mengambil daun-daun palem (palma),dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru:Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,Raja Israel!" Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik keatasnya,seperti ada tertulis:"Jangan takut,hai puteri Sion,lihatlah, Rajamu datang,duduk diatas seekor anak keledai."

     Maksud lain dari perayaan Minggu Palma adalah untuk mempersiapkan diri kita sebelum menginjak Tri hari suci dan Paskah, serta membuat kita meneladani sifat Yesus yang rendah hati. meskipun Dia adalah Anak Allah, tapi dia mau datang ke kota Yerusalem hanya dengan menaiki seekor keledai. Dan Dia juga patuh terhadap perintah Allah dengan berani memasuki kota Yerusalem meskipun Dia sendiri sudah tahu bahwa Dia akan wafat dan disiksa demi dosa manusia disitu.

     Bisa dibilang juga Minggu Palma adalah saat pertobatan kita. Meskipun kita rajin memuji-muji Dia, tapi kalau kita tetap saja berbuat yang tidak  berkenan kepada-Nya, sama saja kita menyalibkan Yesus untuk kedua kalianya.Memang sih, manusia nggak bisa lepas dari dosa, tapi minimal kita mau menyesal dan  merendahkan hati kita untuk meminta ampun kepada Tuhan atas segala kesalahan kita. Baiklah guys, sekian dulu yah post admin kali ini, semoga kalian dapat menikmati dan menghayati Pekan suci kali ini, See You, and God Bless You!!! ^ _ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...