id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Minggu, 30 Maret 2014

5 Makanan Khas Surabaya yang Paling "Yummy"

     Makanan memang menjadi salah satu kebutuhan kita sebagai manusia. Beruntungnya,Negara kita,Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman kuliner. Jadi,di setiap daerah tentu ada makanan khas yang menjadi ciri dari kota itu. Tentunya,admin sebagai warga kota Pahlawan yang baik, admin juga harus pernah mencoba minimal satu makanan khas dari kota Surabaya ini. Jadi,berikut adalah makanan-makanan khas kota Pahlawan yang paling "delicious" yang pernah admin cicipi.


1.Rujak Cingur
Siapa sih pecinta kuliner  Indonesia yang nggak tahu rujak cingur?Yup,makanan ini memang menjadi tujuan utama wisata kuliner di kota ini. Meskipun dari bentuk yang seperti lumpur :) tapi rasanya lezat banget sehingga kita terasa laperr terus :) . Rujak yang dibuat dari cingur(mulut sapi),tahu,tempe,tauge,kangkung,kacang panjang,cabai,gula merah,kacang tanah,dll. Dijamin deh nggak nyesel makan makanan kayak gini.


2.Lontong Balap
Hehehe,nama "Lontong Balap" bukan berarti lontong yang sedang balapan loh guys, tapi  gabungan dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal yang menciptakan makanan yang enak banget.lontong balap adalah makanan yang terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.Yah,kelezatan makanan ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi,jadi kalau kalian berkunjung ke Surabaya,belum klop rasanya kalo nggak ngerasain rasa dari Lontong Balap.


 3.Gado-Gado
Gado gado.jpgIni dia,makanan yang pas banget kalo kita lagi bosen makan nasi.  sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang),serta lontong sebagai pengganti nasi. Kalau kalian nggak suka lontong, kalian juga bisa memakai nasi. Yah,kesimpulannya makanan ini enak dan pas banget bagi orang-orang jaman sekarang :)

4.Tahu Tek

Tahu tek adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Nama tahu tek sendiri berasal dari bunyi gunting(alat pemotong) yang berbunyi  Tek....tek....tek....(para PKL biasanya memakai kentongan). Tahu teknya sendiri terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang kecil(kerupuk lain juga boleh),air,petis,dll.
Tahu tek itu pas banget kalau dibuat camilan malam karena di Surabaya biasanya diedarkan oleh Pedagang Kaki Lima pada malam hari :) Dijamin deh guys, nggak nyesel kalian makan makanan  seenak ini.

5.Lontong Mie
Hari gini anak muda jaman sekarang nggak suka mie? Hanya ada satu kata bagi orang tersebut yaitu "Amazing" karena memang mayoritas manusia di Dunia suka banget sama yang namanya Mie, yak terkecuali orang-orang Surabaya dan sekitarnya.   Mangkanya, ada salah satu nama makanan khas Surabaya yang namanya lontong mie. Meskipun kedengarannya kurang enak,tapi rasanya enakkkkk banget guys. Oleh sebab itu, ada pepatah "Janganlah Menilai makanan dari namanya." hehehe.


     Kita memang sudah layak dan sepantasnya untuk bersyukur kepada Tuhan karena telah memberi Indonesia kekayaan alam serta keragaman budaya,kuliner,dll. Itulah enaknya kita sebagai orang Indonesia, Yaitu bisa mencicipi berbagai jenis kuliner dari berbagai daerah di Indonesia :). Baiklah guys, Thanks for watch yah,God Bless You!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...