id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Kamis, 31 Maret 2016

Inilah 10 Katedral Terindah di Indonesia


     Katedral adalah pusat dari suatu Keuskupan dan tempat dimana Bapa Uskup di setiap Kesukupan tinggal. Meskipun begitu, beberapa keuskupan memiliki Katedral yang tergolong indah bahkan bisa dibilang menakjubkan. Katedral apa sajakah itu? Berikut 10 Katedral terindah di Indonesia menurut saya.

1.Gereja Katedral Santo Yoseph, Pontianak


Katedral baru milik Keuskupan Agung Pontianak ini menjadi katedral paling indah di Indonesia menurut admin. Bangunan ini memiliki arsitektur yang luar biasa, di depan pintu utama terdapat menara dengan patung Santo Yoseph pelindung gereja ini, di gereja inipun memiliki beberapa kubah yang indah. Interior gereja inipun tak perlu diragukan lagi, cahaya matahari yang menembus kaca patri serta panti imam dan panti umat yang luas dan dekorasi lain membuat gereja ini sukses menjadi katedral terindah di list ini.

2.Gereja Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Jakarta



Siapa sih yang tidak tahu tentang Katedral milik ibukota Negara Indonesia ini?  Gereja bergaya Gotik ini merupakan salah satu cagar budaya terkenal di Kota Jakarta, bangunanya pun merangkap dengan museum yang terletak di balkon gereja ini. Meskipun sempat terbakar, namun keindahan kaca patri, patug-patung, dan ornamen khas masa kolonial masih dapat kita lihat disini.

3.Gereja Katedral Hati Tersuci Maria, Manado



Meskipun tergolong gereja baru, namun gereja ini memiliki arsitektur yang sangat khas, kaca patri khas arsitektur gotik, kubah khas arsitektur barok, dan lain sebagainya. Katedral ini adalah pengganti dari katedral lama yang sudah tidak mencukupi kebutuhan umat.

4.Gereja Katedral Santa Perawan Maria, Bogor



 Katedral Santa Perawan Maria, Bogor adalah salah satu bangunan bergaya gotik yang tak perlu di pertanyakan lagi keindahannya. Seperti bangunan bergaya gotik lainnya, gaya bangunannya yang tinggi, serta kaca-kaca patrinya yang indah membuat gereja ini menjadi salah satu gereja yang wajib kalian kunjungi.

5.Gereja Katedral Santa Maria Assumpta-Santo Yosef, Ruteng



Gereja yang menjadi katedral dari Keuskupan Ruteng ini menjadi salah satu katedral terindah di Indonesia. Bangunannya yang luas, dekorasinya yang menakjubkan serta nuansa pegunungan yang menenangkan membuat beribadah di tempat ini menjadi sesuatu yang sangat istimewa.

6.Gereja Katedral Roh Kudus, Denpasar



Pulau Dewata menyimpan jutaan tempat-tempat menarik baik tempat wisata maupun tempat ziarah, salah satunya adalah Gereja Katedral milik Keuskupan Denpasar ini. Dari depan kita sudah dapat melihat keeksotisan gereja ini, apalagi interiornya yang sangat menakjubkan. Salah satu hal yang paling unik disini adalah kentalnya suasana adat Bali disini bahkan patung-patung dan ornamen disini dibuat dengan adat Bali.

7.Gereja Katedral Tiga Raja, Timika



Gereja selanjutnya berada di timur Indonesia tepatnya di Kota Timika. Katedral ini cukup luas, gaya bangunannya yang unik juga menjadi salah satu alasan kenapa saya menuliskan Katedral ini sebagai salah satu katedral terindah di Indonesia.

8.Gereja Katedral Kristus Raja, Sorong



Katedral selanjutnya adalah katedral milik Keuskupan Manokwari-Sorong yaitu Katedral Kristus Raja. Gereja ini memiliki gaya bangunan yang unik, ditambah lagi dengan Patung Kristus yang dengan megahnya berdiri di depan gereja ini. Sesuai dengan namanya, gereja ini menunjukkan Kristus sebagai Raja dapat dilihat dari bangunan gereja yang jika diperhatikan menampilkan kemahakuasaan Kristus.

9.Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius, Ambon



Katedral Ambon menjadi salah satu katedral terindah di list ini sebab mulai dari gaya bangunannya, ketiga menaranya yang tinggi menjulang, dan dekorasi patung yang menjadi ciri khas gereja ini. Tak hanya eksteriornya yang indah, interiornya pun tak kalah indahnya, hampir semua yang ada di gereja ini menjadi daya tarik. Jadi jika kalin mengunjungi Kota Ambon, sempatkanlah berkunjung ke gereja ini.

10.Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius, Merauke



Gereja yang terakhir berasal dari ujung timur Indonesia yaitu Katedral milik Keuskupan Agung Merauke. Gereja ini memiliki keeksotisan tersendiri, hal itu dapat dilihat dari atap-atapnya yang khas dan suasana sekitar gereja yang indah. Jadi, kalau kalian berkunjung ke Kota Merauke, jangan lupa mengunjungi gereja ini yah.

Bonus:

11.Gereja Katedral Sanggau



Sebenarnya ada satu lagi Katedral yang menurut saya indah sekali yaitu Katedral milik Keuskupan yang baru saja menjadi tuan rumah IYD pertama yaitu Keuskupan Sanggau. Meskipun masih dalam tahap pembuatan, katedral yang rencananya dapat menampung sekitar 5000 umat ini tak hanya luas, namun juga memiliki arsitektur yang unik dan khas. Jadi jika pembangunan gereja ini sudah selesai jangan lupa berkunjung kesini ya

     Yah, sekian postingan saya kali ini semoga menginspirasi dan bermanfaat. Memang sejatinya semua rumah Tuhan itu indah baik yang ada di kampung hingga yang ada di kota, jadi jika Katedral kalian tidak ada di postingan ini ya mohon maaf soalnya admin sendiri jujur belum mengunjungi semua katedral di postingan ini hehehe. Sekian Tuhan memberkati!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...